Rabu, 09 Februari 2011

BAGAIMANA MENANGANI BINGUNG PUTING ?


Bingung puting

Dari Asuh Indonesia
Langsung ke: navigasi, cari
Bingung puting adalah masalah menyusui yang timbul karena bayi yang masih terlalu kecil mengalami kebingungan antara menghisap puting dengan botol susu
Sampai bayi usia 5 minggu atau 5 bulan , bisa terjadi bingung puting. Bingung puting terjadi jika ibu yang biasa memberi ASI lewat payudara, lalu bayi disusui dengan botol susu, maka ketika akan diberikan lewat payudara lagi bayi kemungkinan menolaknya. Ini lantaran, dot botol lebih lancar mengeluarkan susu dibandingkan lewat payudara. 


Solusi
Sedangkan untuk mempersiapkan bayi, ibu harus memulai membiasakan bayi diberi ASI perahan dengan sendok, bukan botol susu. Berikan dengan cara menyuapinya dengan sendok agar bayi tidak bingung putting. Memang di hari-hari pertama pemberian susu perah dengan sendok, bayi mungkin menolaknya. Ia bahkan bisa cemas dan gelisah. Namun, janganlah khawatir, 3 atau 4 hari setelahnya bayi akan terbiasa. Itu sebabnya, sebelum masa cuti berakhir bayi perlu dilatih disuapi susu dengan sendok. Jadi, tak perlu resah jika harus kembali bekerja, bukan?


~Stay Cool and Lovely ~

2 komentar:

  1. bayi ku mulay dr 0 hr sdh trbiasa nyusu dot,hingga umur skrng msh dot,wktu akan di kasi asi ,bayi malah nangis jadi gimana solusi nya?bayi ku mulay dr 0 hr sdh trbiasa nyusu dot,hingga umur skrng msh dot,wktu akan di kasi asi ,bayi malah nangis jadi gimana solusi nya?

    BalasHapus
  2. sekarang ukur bayinya berapa?
    sebenarnya tidak ada masalah. mulai kurangi frekuensi penggunaan dot, lalu berlatih menyusu langsung pada PD ibunya. memang membutuhkan waktu. namun yang menjadi kendala terbesar adalah ketika menjalani proses awal, dimana mungkin bayi agak sulit menemukan posisi yang tepat dan nyaman untuk menyusu. di sini biasanya (tidak semua lho yaa) ibu langsung merasa putus asa. so, saran saya, yang sabar yaa dalam menemukan pelekatan dan posisi menyusu bayi yang tepat.

    BalasHapus