Minggu, 27 Februari 2011

MENGANTAR ANAK BAIK DENGAN KEKUATAN DOA


MENGANTAR ANAK BAIK DENGAN KEKUATAN DOA

by Momme Nadia Aufaa on Sunday, February 27, 2011 at 8:25pm
 Doa orang tua untuk anaknya yang terdapat dalam Al Quran dan Hadits:

1. Wahai Rabb kami, anugerahkanlah bagi kami pasangan-pasangan hidup dan keturunan sebagai penyejuk mata kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa (Al-Furqan 25:74)

2. Wahai Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau karuniakan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan untuk melakukan amal shalih yang Engkau ridhai, dan berikanlah kebaikan kepadaku dengan kebaikan anak keturunanku (Al-Ahqaf 46:15)

3. Doa Nabi Zakaria ketika berdoa, Ia berkata "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra, yang akan mewarisi aku dan sebahagain keluarga Ya'kub; dan jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai. ( Maryam 19:4-6)

4. Wahai Rabbku, jadikanlah aku dan keturunanku sebagai orang-orang yang senantiasa mendirikan shalat. Wahai Rabbku, kabulkanlah doaku. (Ibrahim 14:40)

5. Usamah Bin Zaid ra menceritakan beliau Muhammad Shallallahu 'alahai wa sallam pernah mmelukku bersama Al-Hasan lalu mendokan, " Ya Allah, sesungguhnya aku mencintai mereka berdua, maka cintailah mereka". (HR. Al-Bukhari no. 3735)

6. Dari Anas ra, ia berkata, " Pada suatu ketika ibuku, Ummu Anas datang (dengan saya) menemui Rasulillhs saw. Waktu itu saya mengenakan sarung dan baju dari bekas kerudung ibuku. Lalu ia berkata, "Wahai Rasulullah, ini adalah Unais, anakku, saya bawa ia datang kepadamu agar dia menjadi pembantumu. Karena itu, doakanlah dia". Lalu Nabi berdoa, " Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya (Anas)'.

Menjadikan Pembantu Rasulullah
Saat ini sudah tidak mungkin menjadikan anak kita sebagai pembantu Rasulullah saw, tetapi bisa difahami sebagai seorang pembantu, kehadiran Anas dalam kehidupan Rasulullah saw mengantarkannya untuk menjadi orang yang merasakan (melihat, mendengar) sentuhan langsung pendidikan Rasulullah saw. Ini berarti semakin besar keinginan kita untuk menjadikan anak sebagao penerus risalah dakwah Rasulullah saw, semakin banyak pula kondisi yang kita ciptakan agar anak kita tumbuh dalam lingkungan yang kondusif untuk keIslamannya.

Minta Di Doakan
Baynyak contoh yang memberitakan seorang ayah mendoakan kebaikan anaknya, dan ada pula yang minta didoakan Rasulullah saw.

Semua contoh diatas sudah lebih dari cukup untuk menjadi pembelajaran bagi setiap Muslim agar berdoa untuk kebaikan anak-anaknya. Cara ini menarik kita gunakan dalam rangka melahirkan anak yang shalih/shalihah, kerana contonhya sudah ada dan perintah untuk berdoa jelas, " Dan Tuhanmu berfirman, " Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu". Sesungguhnya orang-orang yang menyombonkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina" (Al-Mukmin 40:60)

Permasalahan yang sering dihadapi adalah kecenderungan untuk memperoleh sesuatu dengan segera, sehingga apa saja yang diminta juga ingin terwujud segera. Padahal salah satu penyebab doa tidak terijabah adalah ketergesa-gesaan untuk memperoleh apa yang diminta. Dari Abu Hurairah ra-dari Muhammmad saw beliau bersabda: " Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama dia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan silaturrahmi, serta selama dia tidak tergesa-gesa". Seorang sahabat bertanya , "Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa?" Beliau menjawab: " Yakni di mengatakan, " Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan". Setelah itu, dia merasa putus asa dan berhenti berdoa". (HR. Al-Bukhari no. 6340) dan Muslim no 2735)

Kita dapat meminta kepada Allah, agar anak kita mendapatkan kebahagiaan di akhirat (Allah swt, mendirikan shalat, dll) diinginkan terwujud pada anak kita, dan selanjutnya upayakanlah agar apa yang didoakan itumendapatkan kebahagiaan di dunia (banyak harta dan anak). Berdoalah terhadap apa yang yang diinginkan terwujud pada anak kita, dan selanjutnya upayakanlah agar apa yang didoakan itu terwujud.

Sumber: Ust. Ahmad Hariyadi, M. Si (Konsultan Pendidikan)
Di ketik ulang oleh: Momme Nadia Aufaa

~Stay Cool and Lovely ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar